Mengenal Lebih Dekat Dengan Bapak Pramuka Indonesia

25 Februari 2020 - Kategori Blog

Salah satu tokoh penting pramuka di Indonesia adalah Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Sri Sultan Hamengku Buwono ke-IX ini dikenal juga sebagai Bapak Pramuka Indonesia. Tahukah kamu bahwa Sri Sultan HB IX memiliki nama kecil? Nama kecil beliau adalah Gusti Raden Mas Dorojatun. Sri Sultan Hamengku Buwono IX lahir pada tanggal 12 April 1912. Hayooo siapa diantara pembaca budiman yang tanggal lahirnya sama dengan beliau? Sri Sultan HB IX merupakan anak ke sembilan dari Sri Sultan Hamengku Buwono VIII. Wah sesuatu yang sangat unik ya. Serba ke sembilan.

Sri Sultan Hamengku Buwono IX memiliki peran penting baik di pramuka maupun saat masa penjajahan di bumi pertiwi. Beliau pernah menjadi Wakil Ketua Majelis Pimpinan Nasional (Mapinas) Pramuka yang dipimpin oleh Presiden RI yang pertama yaitu Ir. Soekarno. Sejarah mencatat Sri Sultan Hamengku Buwono IX pernah menjabat sebagai Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka pertama sejak tahun 1961 dan terpilih kembali sampai 4 periode selanjutnya hingga tahun 1974.

Tidak hanya peran penting saja di pramuka. Sri Sultan Hamengku Buwono IX sebagai Raja Kasultanan Yogyakarta menawarkan bantuan berupa Yogyakarta siap menjadi ibu kota sementara Republik Indonesia (RI) disaat kondisi genting. Sri Sultan Hamengku Buwono IX juga menyokong dari segi biaya sebagai roda saat pemerintahan RI berada di Yogyakarta. Tidak berhenti sampai disitu saja, tahun 1945 beliau menjabat sebagai Kepala dan Gubernur Militer DIY, Oktober 1946-Agustus 1949 menjadi Menteri Negara, Agustus 1949-September 1950 menjadi Menteri Pertahanan, tangal 5 Juli 1959 menjadi Menteri/Ketua BPK, 21 Februari 1966 sebagai Menteri Koordinator Pembangunan, Maret 1966 Wakil Perdana Menteri Bidang Ekonomi, 1973-1978 sebagai wakil presiden Indonesia, dan selama 43 tahun menjabat sebagai Gubernur DIY yang pertama.

Mengenal Bapak Pramuka Indonesia

Selain dikenal dengan Raja Kesultanan Yogyakarta, Bapak Pramuka Indonesia, Sri Sultan Hamengku Buwono IX juga dikenal sebagai wakil presiden yang ke-2. Tidak hanya itu saja. Istilah pramuka tercetus dari beliau yang terinspirasi dari kara Poromuko atau pasukan terdepan dalam perang. Kemudian istilah ini menjadi Praja Muda Karana yang memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya. Ternyata arti pramuka memiliki definisi jiwa muda yang suka berkarya. Hayo kamu suka berkarya apa saja? Jangan mengaku anak pramuka yaa kalau tidak suka berkarya hehe.

Pramuka tidak hanya terkenal di dalam negeri saja. Pramuka dikenal hingga luar negeri. Mengenal Bapak Pramuka Indonesia yaitu Sri Sultan Hamengku Buwono IX menerima penghargaan tertinggi dari WOSM (World Organization of the Scout Movement) atau Organisasi Kepanduan Internasional yaitu Bronze Wolf Award pada tahun 1973. Setelah membaca artikel ini kita semakin menyadari bahwa Bapak Pramuka Indonesia merupakan anak bangsa yang luar biasa dalam sepak terjangnya di dunia pramuka. Bahkan WOSM saja memberi penghargaan tertinggi kepada beliau. Sepatutnya kita sebagai generasi muda perlu mencontoh berbagai teladan yang tidak secara langsung beliau contohkan kepada kita. Apakah kamu siap menjadi sosok-sosok penerus Sri Sultan HB IX selanjutnya?

Dasi SD SMP SMA Prepet Identitas Sekolah
Dasi Identitas Sekolah

Rp 5.250

Dapatkan Diskon
Daftar newsletter